Mother&Baby Indonesia
Deteksi Dini Kanker Payudara

Deteksi Dini Kanker Payudara

Kanker payudara merupakan kanker 'perenggut' nyawa para wanita terbesar kedua setelah kanker serviks. Banyak ahli mengatakan, kanker dapat disembuhkan bila dideteksi dan ditangani sedini mungkin. Lalu bagaimana cara mendeteksi kanker payudara? Berikut beberapa cara sederhana yang bisa Anda lakukan di rumah:


1. Berdiri di depan cermin dengan lengan ke bawah. Perhatikan apakah ada benjolan atau perubahan bentuk dan ukuran payudara Anda.


2. Angkat kedua lengan sampai berada di belakang kepala, ulangi pemeriksaan di sisi samping tubuh.




3. Tekan kuat-kuat tangan di pinggul dan gerakan lengan serta siku ke depan sambil mengangkat bahu. Gerakan ini akan menegangkan otot payudara dan membuat benjolan lebih mudah terlihat.


4. Angkat lengan kiri dan raba payudara dengan telunjuk, jari tengah, dan jari manis tangan kanan Anda. Lakukan gerakan memutar, ke atas bawah, atau gerakan dari tengah keluar untuk meraba adanya benjolan.




5. Tekan perlahan puting payudara, perhatikan apakah keluar cairan yang tidak normal.


6. Berbaring dengan tangan kiri di bawah kepala. Letakkan bantal kecil di bawah bahu kanan. Raba seluruh permukaan payudara kiri dengan gerakan memutar, dari tengah keluar, atau atas bawah. Ulangi cara yang sama untuk memeriksa payudara kanan.


7. Perhatikan bagian atas payudara yang berada di dekat ketiak karena di situlah banyak ditemukan tumor payudara. Jika terjadi perubahan, segera konsultasikan dengan dokter. (Gita/OCH/Dok.Freedigitalphotos)
 



Tags: kanker,   payudara










Cover Mei-Juni-Juli 2020