Mother&Baby Indonesia
Masalah Penglihatan pada Balita

Masalah Penglihatan pada Balita

Problem penglihatan pada balita usia preschool ternyata bukan sesuatu yang jarang terjadi. Sebuah penelitian yang dilakukan beberapa waktu lalu oleh National Institutes of Health menunjukkan bahwa 1 dari 20 anak usia preschool mengalami masalah mata. Dan 1 dari 4 anak tersebut membutuhkan perhatian serius. Hasil ini dimuat dalam Ophthalmology dan dipresentasikan dalam pertemuan tahunan American Academy of Ophthamology (AAO).


Para peneliti memberikan tes penglihatan untuk 9970 anak usia 6 bulan – 6 tahun. Hasilnya, 4 persen anak mengalami miopi, 21 persen anak mengalami hiperopi, 10 persen anak mengalami astigmatism yaitu problem mata dimana seseorang akan melihat bayangan dalam bentuk buram, 2 persen anak mengalami strabismus atau mata jereng, dan 5 persen anak mengalami lazy eye atau ambliopia.


“Bila masalah-masalah tersebut tidak diperbaiki sejak dini, maka bukan tidak mungkin anak-anak ini kehilangan penglihatan mereka,” ujar Rohit Varma, MD, salah satu peneliti kepada www.WebMD.com. Varma adalah salah seorang Profesor di bidang ilmu pengetahuan mata di University of Southern California's Keck School of Medicine, Los Angeles, USA. (Lenny/SR/Dok.Freedigitalphotos)







Tags: penglihatan,   mata,   balita