Mother&Baby Indonesia
Lagu Pengantar Tidur Mengurangi Rasa Sakit?

Lagu Pengantar Tidur Mengurangi Rasa Sakit?

Sebuah penelitian terbaru mengungkapkan lagu pengantar tidur bisa menjadi obat mujarab untuk membantu meringankan rasa sakit pada anak-anak. Menyanyikan lagu pengantar tidur favorit Anda juga sangat baik bagi bayi atau balita dalam membantu meringankan ketidaknyamanan yang mereka rasakan.

 

Dikutip dalam sumber M&B UK hari ini (31/10), Rumah Sakit Great Ormond London Street telah meneliti beberapa anak yang dikelompokkan dalam usia 3 tahun dan di bawah 3 tahun. Dalam keadaan menunggu transplantasi jantung, para peneliti memantau detak jantung dan persepsi rasa nyeri mereka saat mendengarkan seseorang bernyanyi lagu pengantar tidur.



 

Hasilnya, kelompok anak yang diiringi lagu pengantar tidur terbukti menunjukkan penurunan rasa sakit atau denyut jantungnya lebih stabil, dibandingkan 2 kelompok lain yang hanya dibacakan cerita atau dibiarkan saja. "Hal ini menunjukkan bahwa anak-anak dapat terpengaruh secara fisiologis oleh musik," ungkap Profesor David Hargreaves dari Roehampton University.



 

Profesor David juga menjelaskan bahwa penelitian ini adalah penelitian awal. Ia menunjukkan adanya implikasi terapi musik untuk membantu menenangkan pasien di masa depan. Jadi, jangan ragu untuk menyanyikan lagu pengantar tidur untuk Si Kecil ya, Moms! (Aulia/DC/Dok.M&B)



Tags: lagu penghantar tidur mengurangi rasa sakit?