Mother&Baby Indonesia
Mengajari Balita Merawat Gigi

Mengajari Balita Merawat Gigi

Mengajari balita merawat gigi memang tidak mudah. Merasa asing, malas, atau rasa pasta gigi yang pedas, dan kurang nyaman di lidah sering kali menjadi alasan Si Kecil untuk menghindari ritual sikat gigi. Namun saat Anda berhasil membujuknya untuk menyikat gigi 2 kali sehari, giginya juga belum berarti benar-benar bersih dan sehat. Untuk itu, Anda perlu memberikan edukasi tentang kesehatan gigi secara berulang kepada Si Kecil. Anda bisa melakukannya dengan tip berikut ini.

 

1. Biarkan Ia Meniru
Bersihkan gigi Anda terlebih dahulu dan biarkan ia mencoba meniru Anda. Tunjukkan padanya bagaimana cara menyikat gigi dengan melakukan gerakan melingkar kecil, ke arah atas, dan bawah.



 

2. Kebebasan Memilih Sikat Gigi
Beri Si Kecil kebebasan untuk memilih sikat gigi yang disukai. Sikat gigi dengan gambar atau bentuk lucu yang mengikuti karakter kartun favoritnya dapat membantu membangkitkan mood-nya untuk menyikat gigi.

 

3. Lakukan di Beberapa Bagian
Ajarkan ia untuk fokus pada 1 bagian giginya suatu waktu. Pastikan juga Si Kecil membersihkan bagian itu cukup lama.

 

4. Beri pujian
Ketika Si Kecil mulai bisa membersihkan giginya dengan baik, beri ia pujian sebagai anak yang sudah besar dan pintar. Katakan padanya betapa bangganya Anda.



 

5. Beri Target dan Penghargaan
Siapkan grafik dinding dan tempel stiker setiap kali Si Kecil berhasil membersihkan giginya dengan baik. Setelah terkumpul 10 stiker, maka ia boleh mendapatkan mainan kecil yang disukai. Setelah itu, tingkatkan targetnya menjadi lebih besar lagi. Misalnya, jika Si Kecil berhasil secara rutin sikat gigi 2 kali sehari selama sebulan, ia bisa jalan-jalan ke tempat yang disukai. Namun perlu diingat, hindari hadiah-hadiah yang bersifat merusak gigi, seperti permen.

 

6. Perhatikan Pasta Giginya
Jika ia mulai berulah, coba perhatikan, mungkin saja ia tidak menyukai pilihan pasta gigi yang Anda berikan. Biarkan Si Kecil memilih pasta gigi dengan rasa yang ia sukai, namun arahkan untuk memilih yang berfluoride.

 

7. Kunjungi Dokter Gigi
Sejak Si Kecil memasuki usia balita, jangan ragu untuk mengajaknya mengunjungi dokter gigi. Perkenalkan ia dengan dokter gigi secara perlahan. Anda bisa memulainya dengan mengajak Si Kecil menemani Anda saat memeriksakan gigi ke dokter. Buat ia terbiasa dengan suasana dan proses pemeriksaan gigi agar tidak merasa asing. Saat ini, ruangan dan alat periksa gigi untuk anak juga sudah didesain menjadi lebih nyaman, sehingga tidak terlihat menakutkan. (Aulia/DC/dok.M&B)
 



Tags: ajak balita merawat gigi










Cover Mei-Juni-Juli 2020