Mother&Baby Indonesia
Mengenalkan Konsep Kematian pada Anak

Mengenalkan Konsep Kematian pada Anak

Kematian bukan suatu konsep yang mudah dimengerti anak kecil. Mereka pun umumnya baru mengerti kalau suatu kejadian dapat berlangsung permanen di usia 5-6 tahun. Jadi jangan heran bila Si Kecil masih menanyakan kabar neneknya yang telah tiada, karena ia berpikir sang nenek hanya pergi sementara.

 

Anda mungkin akan membiarkan Si Kecil berpikir seperti itu agar ia tak bersedih. Namun meski kedengarannya Anda sedang melindunginya dari kesedihan, akan lebih baik jika Anda segera mengajarinya mengenai realita kematian melalui berbagai media yang ada.



 

"Contohnya, ketika Si Kecil sedang menonton film Finding Nemo, Anda bisa menjelaskan apa yang terjadi pada ibunya Nemo. Anda juga dapat mengajaknya memelihara hewan yang umurnya singkat, seperti hamster atau ikan hias." ungkap Julie Stokes, konsultan psikologi klinis.



 

Pada saat hewan perliharaannya mati, Anda dapat menjelaskan bahwa kematian akan terjadi pada semua makhluk hidup. Buatlah ritual pemakaman pada hewan kesayangannya, agar ia mengerti dan lebih siap jika suatu hari harus menjalani pemakaman anggota keluarga. (Aulia/DC/Dok.M&B)



Tags: mengenalkan konsep kematian pada anak








Cover Maret 2020