Mother&Baby Indonesia
Pertolongan Pertama Saat Si Kecil Keracunan

Pertolongan Pertama Saat Si Kecil Keracunan

Racun merupakan salah satu zat berbahaya yang mengintai di sekitar kita dan sering kali sulit dikenali. Bukan hanya orang dewasa yang bisa mengalami keracunan, tapi juga anak-anak. Ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan saat Si Kecil mengalami keracunan.

 

1.Kalau Si Kecil menelan pil atau tumbuhan beracun, keluarkan setiap potongan gigitan yang ada dalam mulutnya dan segera bawa ke dokter. Jangan lupa bawa contoh racun tersebut ke rumah sakit.



 

2. Jika ada tanda seperti terbakar di dalam atau sekitar mulutnya, maka mungkin Si Kecil menelan zat kaustik (sejenis kimia yang dapat membakar atau merusak bagian dalamnya), seperti cairan pemutih. Beri minum air putih atau susu sesering mungkin, sambil menunggu bantuan datang.

 

3. Jaga Si Kecil agar tetap diam. Baringkan ia setenang mungkin, sebab semakin banyak ia bergerak, racun akan semakin cepat menyebar ke sistem tubuhnya.



 

4.Teliti jenis racunnya, seperti bagaimana dan kapan Si Kecil menelan racun tersebut, agar Anda dapat menjelaskan kepada dokter.

 

5. Cek juga wadah sumber racun, Jika terdapat petunjuk cara menawarkannya, ikuti instruksinya. Usahakan agar Si Kecil jangan sampai muntah, karena bisa berakibat fatal. (Aulia/DC/dok.M&B)



Tags: mengatasi anak keracunan










Cover April 2020