Mother&Baby Indonesia
2 Terapi untuk Latih Konsentrasi Anak

2 Terapi untuk Latih Konsentrasi Anak

Anak yang sulit berkonsentrasi berarti tidak mampu mendisiplinkan otak. Menurut Dr. Dewi Yogo Pratomo, MHt., dan juga penulis buku HypnoParenting, untuk mengatasinya, Anda bisa mencoba beberapa jenis terapi, seperti terapi lilin dan terapi garis berikut ini.


Terapi Lilin
Letakkan lilin di atas meja, kira-kira 30 cm di depan anak. Nyalakan lilin dan minta anak memandangi sinar lilin semampunya. Hitung dan catat berapa lama ia sanggup melakukannya. Jika ia merengek untuk berhenti, bujuk dan minta ia menarik napas. Lakukanlah berulang kali, 2-3 kali dalam sehari. Usahakan ada peningkatan setiap hari. Semakin lama, durasi memandangnya akan semakin panjang.


Terapi Garis
Mintalah anak untuk menghitung sesuatu yang bergaris, seperti tumpukan baju, piring, atau koran. Awasi dan pastikan ia tidak menghitung dengan bantuan telunjuk. Lakukan kegiatan ini 3 kali sehari. Anda juga bisa menggambar sendiri garis-garis horizontal dan vertikal, atau titik-titik pada sebuah kertas kosong, lalu meminta anak untuk menghitungnya. (Dian/SR/Dok.Freedigitalphotos)







Tags: balita,   terapi,   konsentrasi










Cover Mei-Juni-Juli 2020