Balita - Perawatan Balita / 13 September 2017 / Redaksi

Kapan 6 Gejala Ini Butuh Pertolongan Darurat?

Kapan 6 Gejala Ini Butuh Pertolongan Darurat?

Batuk, pilek, dan demam adalah beberapa gejala yang biasa dialami oleh anak-anak. Namun, Moms harus tetap memperhatikan perkembangan dari gejala-gejala tersebut. Apabila gejala tersebut berkembang ke arah yang buruk, tentunya Si Kecil membutuhkan pertolongan segera. Lalu, apa tanda-tanda Si Kecil dari gejala-gejala tersebut yang membutuhkan pertolongan lebih lanjut? Cek ciri-cirinya berikut ini, yuk, Moms.

 

1. Batuk

Si Kecil membutuhkan pertolongan darurat apabila saat batuk, ia mengalami kesulitan dalam bernapas, seperti batuk Si Kecil tampak dan berbunyi keras. Ia juga kesulitan berbicara dan mengalami sesak napas. Selain itu, apabila bayi yang mengalami batuk berulang, kemungkinan ia batuk rejan (whooping cough) dan harus segera dibawa ke dokter.

 

2. Demam

Ketika demamnya menyebabkan tubuhnya lemas, lemah, dan lesu, serta penyebab demamnya tidak jelas, harus segera ditangani. Hal ini bisa menyebabkan sesuatu yang serius, seperti infeksi tulang atau sendi. Kemudian, jika bayi di bawah 3 bulan mengalami demam lebih dari 38 derajat celcius, harus segera ditangani dokter.

 

3. Perut bermasalah

Jika Si Kecil merasa sakit di bagian perutnya dan tidak pulih selama beberapa jam, dan disertai dengan demam, muntah-muntah, diare, nafsu makan berkurang, dan dehidrasi, Moms bisa hubungi dokter. Namun, apabila ia sangat mengantuk, lemah dan lesu, perut yang membengkak dan terasa lunak di bagian kanan, langsung bawa ke UGD.

 

4. Muntah

Saat muntah, Si Kecil tampak lemah, lesu, dan pucat. Bayi atau balita dengan sakit yang intermiten dan disertai muntah-muntah 3—4 kali selama 1 jam dan makin buruk, bisa mengindikasikan intusupsi atau terdapat permasalahan pada usus yang butuh penanganan ahli segera.

 

5. Diare

Ketika Si Kecil diare dan disertai dengan demam tinggi, diare berdarah, muntah-muntah, dan dehidrasi. Bayi di bawah 3 bulan juga rentan terhadap dehidrasi.

 

6. Sakit kepala

Si Kecil mengalami sakit kepala berat dengan perkembangan yang cepat, tampak tidak sehat, dan sangat mengantuk. Sakit kepala yang terjadi terus-menerus, Si Kecil tandanya butuh penanganan segera. (Risia Ruswati/TW/Dok. Freedigitalphotos.net)

#batuk #pilek #anak #demam #sakit #anak #balita #bayi
loading...
loading...





RELATED ARTICLE

5 Jenis Mainan untuk Penyandang Autis

4 Langkah Mudah Melawan Kutu Rambut

7 Trik Agar Si Kecil Mau Makan Sayur




OTHER ARTICLES

Amankah Mewarnai Rambut saat Hamil?

Bayi Tidak Merangkak? Ini Penjelasan Dokter!

Waktu yang Tepat untuk Bayi Belajar Merangkak

Mengenalkan Uang Kepada Anak

Mother And Baby Fair Jakarta