Bayi - Tumbuh Kembang Bayi / 8 Agustus 2017 / Redaksi

5 Manfaat Pemberian Finger Food untuk Bayi

5 Manfaat Pemberian Finger Food untuk Bayi

Moms, Si Kecil sudah mulai mengonsumsi MPASI ya? Jangan lupa, sebaiknya diselingi pula dengan memberikan finger food. Ini adalah makanan yang mudah dimakan, digigit dan dihaluskan saat dikunyah maupun dipegang sendiri oleh bayi. Pemberian makan dengan metode finger food ini tidak hanya menyenangkan, tetapi juga memberikan manfaat besar terhadap tumbuh-kembang bayi lho, Moms.


Nah, berikut ini beberapa manfaatnya:

 

1) Melatih Kemampuan Bayi Memegang Benda

Pemberian finger food akan melatih kemampuannya untuk memegang sesuatu dan menjepit makanan di antara jari telunjuk dan ibu jarinya. Semakin sering Anda memberikan finger food pada Si Kecil maka kemampuan memegangnya juga makin sempurna.

 

2) Membantu Kemampuan Bicara Bayi

Ternyata gerakan menggigit dan mengunyah makanan dapat membantu melatih otot dan keterampilan yang diperlukan untuk berbicara. Selain itu, dapat memperbaiki rahang bayi. Untuk itu, berikan makanan dengan tekstur yang berbeda-beda. Contohnya makanan lembut, agak tebal dan meleleh di dalam mulut.

 

3) Membantu Koordinasi Tangan dan Mata

Bayi ketika mengambil dan memegang makanan, kemudian memasukkannya ke dalam mulut dapat melatih perkembangan koordinasi tangan dan matanya. Nah, agar semakin sempurna berikan makanan yang mudah dipegang atau digenggam terlebih dahulu. Setelah ia terlatih, beralihlah ke makanan yang sulit diambil, misalnya potongan pisang yang licin.

 

4) Meningkatkan Kemampuan Indra Bayi

Saat bayi mengambil makanan di depannya, kemungkinan ia memainkan makanan, mengaduk-aduknya, memciuminya dan lain-lain. Moms tak perlu khawatir bila proses makan bayi jadi berantakan karena di balik itu semua ada manfaat yang bisa dipetik. Salah satunya, meningkatkan kemampuan indra Si Kecil.

 

5) Mendorong Kemandirian

Beberapa bayi mungkin tidak nyaman makan dengan menggunakan sendok. Jadi cobalah membiarkannya makan dengan menggunakan tangan sendiri. Biasanya bayi akan lebih percaya diri saat makan sendiri ketimbang disuapi dengan sendok. (Meiskhe/HH/dok.M&B UK)

#bayi #makanan #mpasi #finger_foof #blw #nutrisi #kemampuan #stimulasi #skill
loading...
loading...




RELATED ARTICLE

Bayi Anda Sudah Bisa Merangkak? Ini Manfaatnya Moms!

Stimulasi Perkembangan Bayi dengan Cara Bermain

Menyusui Batita Terasa Lebih Tricky? Cobalah Tips Ini!


OTHER ARTICLES

Trik Cerdas Memberi Makanan Padat pada Bayi Agar Lahap

4 Tips agar Gairah Seks Kembali Menyenangkan

6 Trik Memperlancar Kontraksi Menjelang Melahirkan

Ajak Si Kecil Bermain Sambil Belajar, Yuk!

Bank Indonesia Gelar Karya Kreatif Indonesia 2017