Kesehatan - Kesehatan / 18 Mei 2017 / Redaksi

Pola Asuh Tepat untuk Anak Alergi

Pola Asuh Tepat untuk Anak Alergi

Setiap orangtua menerapkan pola asuh yang berbeda-beda. Namun, bagaimana mengasuh anak yang memiliki alergi agar ia tetap berprestasi?

Anak yang mengalami alergi biasanya orangtuanya overprotektif sehingga Si Kecil pun merasa tertekan karena tidak bisa bereksplorasi. Padahal, ia butuh bereksplorasi untuk menstimulasi kecerdasan yang dimilikinya.

Anak alergi jadi tertekan karena orangtuanya suka heboh. Akibatnya, anak bingung dan nantinya enggak bisa survive di lingkungan biasa. Lebih dari 60 persen orangtua dari anak alergi cenderung menunjukkan sikap otoriter yang berlebihan. Padahal anak tidak bisa tumbuh dan berkembang dengan baik apabila orangtuanya full otoriter,” kata psikolog dan konsultan multiple intelligence, Dr. Rose Mini A. Prianto, M.Psi.

Orangtua yang otoriter ini akan membuat Si Kecil tidak berkembang dengan optimal. Kegiatan bermain dan belajar si anak alergi pun terganggu karena jika alerginya kambuh, ia akan minum obat dan mengantuk. Kualitas tidur jadi menurun serta konsentrasi belajarnya terganggu. Orangtua pasti tidak akan mengizinkan si anak untuk bersekolah sehingga pelajaran berkurang. Ini membuat potensi yang dimiliki Si Kecil akan berkurang.

Agar kecerdasan majemuk anak alergi bisa berkembang sehingga ia bisa berprestasi, psikolog yang sering dipanggil Bunda Romi ini menyarankan agar para orangtua untuk menyesuaikan pola pengasuhan dengan apa yang dihadapi si anak. Selain itu, sesuaikan dengan bentuk stimulasinya. Salah satunya adalah dengan bermain, Moms. Dalam kegiatan bermain, orangtua tetap harus mendampingi agar kecerdasan majemuk yang dimiliki si anak dapat terstimulasi. (Risia Ruswati/HH/dok. M&B UK)

 

#pola_asuh #alergi #pengasuhan #orangtua
loading...
loading...




RELATED ARTICLE

Kenali Gula Tambahan pada Kemasan Makanan dan Minuman

Penelitian Terbaru Buktikan Kopi Tidak Sebabkan Kanker

Konflik dengan Pasangan Turunkan Sistem Imun?


OTHER ARTICLES

Tips Agar Selalu Sabar Hadapi Anak ala Shireen Sungkar

3 Cara Mengasah Kecerdasan Emosi Si Kecil

Resep Tumis Bayam Ayam Lezat dan Gurih

5 Film yang Menginspirasi Anda Jadi Perempuan Hebat

Inilah Menu Makanan Wajib untuk Bumil saat Puasa