Balita - Berita Tentang Balita / 10 Mei 2017 / Redaksi

4 Tips Mengoptimalkan Perkembangan Emosional Anak

4 Tips Mengoptimalkan Perkembangan Emosional Anak

Semua orang tua tentu ingin anak tumbuh dan berkembang dengan baik, termasuk aspek sosial emosionalnya. Kedua aspek tersebut bisa dikembangkan sejak bayi lho, Moms. Bahkan, menurut dr. Markus Danusantoso SpA., waktu yang tepat untuk mengoptimalkan perkembangan sosial emosional Si Kecil adalah sampai usia 3 tahun.

 

“Kemampuan emosional sosial anak dapat dioptimalkan sampai usia 3 tahun. Kalau lebih dari 3 tahun, otak sudah mulai berkembang sempurna,” jelas dr. Markus saat ditemui pada acara ELC Media Gathering di Jakarta, Selasa (9/5). Untuk Moms yang memiliki anak berusia di atas 3 tahun tidak perlu khawatir, dr. Markus mengatakan bahwa kemapuan sosial emosional anak tetap bisa dioptimalkan, tapi sedikit lebih sulit.

 

Berikut beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk membantu Si Kecil dalam meningkatkan perkembangan emosional:

 

1. Kedekatan dengan orang tua (attachment).

Salah satu cara yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan kedekatan dengan anak adalah dengan bermain bersama. Tapi jangan sambil melihat gadget ya, Moms. “Membaca atau menyanyi bersama tidak akan berhasil jika anak tidak fokus,” ujar dr. Markus. Hal yang sama juga berlaku pada Anda sebagai orang tua.

 

2. Kesiapan membantu menenangkan anak (available).

Beberapa contoh cara menenangkan Si Kecil adalah dengan menggendongnya, menepuk-nepuk punggungnya dan mengajaknya bicara. Usahakan untuk tidak bergantung pada pengasuh atau gadget untuk menenangkan Si Kecil. Dengan begitu, attachment antara Anda dan Si Kecil tetap terjaga.

 

3. Kontak Mata

Pastikan Anda selalu berhadapan dan menatap mata saat bicara dengan Si Kecil.

 

4. Beri Penjelasan

Seringlah berbicara pada Si Kecil dan berikan penjelasan saat dibutuhkan, seperti ketika ia tidak bisa mengekspresikan perasaannya. (Nadia/HH/Dok. M&B UK)
 

#balita #emosi #sosial #tips
loading...
loading...





RELATED ARTICLE

Aduh! Anak ini Terkunci di Mobil, Tapi Ia Malah Tertawa

Tips Ajarkan Keterampilan Sosial pada Anak

Gejala, Penyebab dan Penanganan Hepatitis A pada Anak




OTHER ARTICLES

Amankah Mewarnai Rambut saat Hamil?

Bayi Tidak Merangkak? Ini Penjelasan Dokter!

Waktu yang Tepat untuk Bayi Belajar Merangkak

Mengenalkan Uang Kepada Anak

Mother And Baby Fair Jakarta