Bayi - Baby First Time / 17 Februari 2017 / Redaksi

Persiapan Mengajak Bayi ke Kolam Renang Umum

Persiapan Mengajak Bayi ke Kolam Renang Umum

Tidak hanya untuk Si Kecil, berenang bagi orang dewasa juga merupakan kegiatan yang menyenangkan. Hal ini mungkin membuat Anda merasa ingin cepat-cepat mengajak Si Kecil berenang, karena tidak sabar melihat reaksinya (yang pasti menggemaskan). Namun kemudian Anda mengurungkan niat, karena ragu apakah usia anak Anda sudah cukup aman untuk berenang. Sebenarnya, di usia berapa sih anak sudah boleh berenang di kolam renang?

 

“Bayi boleh berenang sejak usia berapa pun,” ujar Alison Duff, konsultan pakar untuk Mother&Baby UK, sekaligus direktur Calmababy.com (kolam renang khusus bumil dan balita di Cambridgeshire). Namun karena kolam renang umum biasanya penuh dan berisik, maka sebaiknya Anda melatih Si Kecil untuk berenang di rumah terlebih dahulu. Setelah sehari ia lahir, mandi bersamanya juga bisa menjadi sambutan “selamat datang ke dunia” yang pasti ia sukai. Apa saja yang harus dipersiapkan dan diperhatikan sebelum itu? Simak beberapa tips ini yuk, Moms.

 

Mengisi Bathtub

Isi bathtub dengan air hangat bersuhu 32-33 derajat Celsius, dan tingginya hanya 20-30 cm. Tidak hanya suhu airnya, pastikan juga suhu ruangan kamar mandi Anda hangat, di atas 24 Celsius. Pertama, Anda masuk ke dalam bathtub, kemudian minta seseorang untuk mengantarkan Si Kecil ke pangkuan Anda. Luangkan waktu sejenak untuk memeluknya di dada Anda, dan nikmatilah skin-to-skin contact bersama Si Kecil.

 

Respons yang Variatif

Saat bayi merasakan air, responsnya cukup beragam. Ada yang memberikan kontak mata yang cukup lama, ada yang menendang, senyum, menangis, bahkan ada yang diam tak bergerak. Apapun responsnya, jangan khawatir jika pengalaman pertama itu kurang menyenangkan. Jika bayi Anda menangis, keluarlah dari bathtub, balut dengan handuk hangat, dan coba lagi lain waktu.

 

Percaya Naluri Anda

Karena respons yang diberikan tiap bayi cukup berbeda, jadi pastikan respons Anda juga cukup baik jika bayi Anda memberikan respons yang agak 'mengejutkan'. Namun jika Si Kecil terlihat menikmati sesi berenang ini, jangan terbuai dengan menghabiskan waktu terlalu lama ya, Moms. Sekitar 10 menit berenang di bathtub sudah cukup.

 

Guru Renang

Jika dalam beberapa minggu bayi Anda sudah terlihat siap dan antusias dengan berenang, maka Anda bisa coba mengajaknya ke kolam renang umum. Namun sebelum itu, tidak ada salahnya untuk mencari guru renang khusus bayi. Ia akan mengenalkan Si Kecil pada air dengan cara terbaik dan aman.

 

Di Kolam Renang Umum

Ketika akhirnya Anda mengunjungi kolam renang umum, jangan lupa pastikan temperatur airnya tidak kurang dari 32 derajat Celsius. Selain itu, pilihlah waktu yang agak sunyi (jadi sudah pasti hindari akhir pekan ya, Moms). Namun jika bayi Anda lahir prematur, sebaiknya Anda berkonsultasi dulu dengan dokter sebelum mengunjungi kolam renang umum. Selamat mencoba! (Tiffany/HH/Dok. M&B UK)

#renang #kolam_renang #bayi #anak




RELATED ARTICLE

4 Cara Merangsang Bayi Merangkak

4 Trik Menenangkan Bayi Baru Lahir


OTHER ARTICLES

4 Khasiat Minyak Almond Untuk Kecantikan dan Kesehatan

5 Cara Menjaga Kebutuhan Nutrisi Anak Agar Tetap Sehat

Hati-hati, Kalori Berlebih dapat Sebabkan Obesitas

5 Pilihan Playground di Jakarta dan Sekitarnya

Ingin Produksi ASI Melimpah? Komsumsi 5 Makanan Ini