Kehamilan & Persalinan - Kehamilan / 8 Februari 2017 / Redaksi

3 Olahraga Ringan agar Lancar Melahirkan

3 Olahraga Ringan agar Lancar Melahirkan

Saat hamil, tubuh ibu biasanya lebih mudah lelah dan tidak berenergi. Tapi ini bukan alasan untuk tidak berolahraga lho, Moms. Sebaliknya, berolahraga saat hamil dapat memberikan banyak manfaat, termasuk membantu menahan nyeri saat persalinan, melatih pernafasan, dan meningkatkan stamina. Berikut beberapa olahraga yang dapat Anda lakukan saat hamil.

 

1. Berjongkok
Jongkok atau squatting adalah salah satu latihan mudah yang paling baik bagi ibu yang merencanakan persalinan normal, karena memperkuat otot perut, panggul, dan paha. Untuk memulainya, cobalah berpegangan pada kursi atau suami. Tahan posisi selama 5-10 detik, lakukan hingga 10 kali. Setelah melewati latihan tersebut, Anda dapat mencoba latihan jongkok penuh untuk mendorong bayi ke arah jalan lahir.

 

2. Naik Tangga
Aktivitas ringan lain yang sengat bermanfaat adalah naik tangga, karena meningkatkan detak jantung dan mendorong kepala bayi untuk berada pada posisi jalan lahir. Namun jangan melakukannya saat sendirian ya, Moms. Mintalah bantuan orang terdekat untuk mendampingi Anda.

 

3. Birthing Ball
Sebuah penelitian menunjukan bahwa 68 persen ibu hamil melaporkan penurunan tingkat nyeri ketika persalinan karena menggunakan birthing ball lho, Moms. Dikutip dari Babycenter.com. Penggunaannya juga cukup mudah karena Anda hanya perlu duduk di atasnya. Selain Anda lebih mudah beranjak dibanding sofa dan kursi, gerakan naik turun saat duduk di birthing ball juga merupakan sesi mini workout lho, Moms. Jika merasa cukup kuat dan berenergi, Anda bisa mencoba beberapa posisi dan gerakan lain dengan birthing ball ini.

 

Masih banyak lagi olahraga yang dapat membantu Anda lancar melahirkan. Baca kelanjutannya di Mother&Baby Indonesia edisi Februari! (Nadia/TW/Dok. M&B UK)

#hamil #ibu_hamil #olahraga #persalinan
loading...
loading...




RELATED ARTICLE

Mengenal Lebih Jauh tentang Kehamilan Kosong

Cara Unik Ibu Hamil Melindungi Janin saat Bonceng Motor

Selamat Tinggal Mommy Brain!


OTHER ARTICLES

Serunya Penyanyi Andien Terapkan BLW kepada Baby Kawa

Peralatan MPASI Praktis untuk Mudik

Berhati-hatilah Memilih ART Infal, Ini Tipsnya!

Usir Rasa Cemas, Hamil Anda pun Lancar!

Trik agar ART Kembali Bekerja Setelah Mudik