Kehamilan & Persalinan - Kesuburan / 6 Februari 2017 / Redaksi

5 Hal yang Mempengaruhi Kesuburuan Wanita

5 Hal yang Mempengaruhi Kesuburuan Wanita

Proses seorang wanita untuk bisa hamil tentu berbeda-beda, ada yang mudah hamil, ada pula yang harus menunggu beberapa waktu.

 

“Ada banyak variasi dalam tiap individu, baik itu seberapa panjang umur Anda atau risiko Anda terkena kanker. Hal serupa juga terjadi pada kesuburan,” ujar Aaron Styer, M.D. spesialis fertilitas di Massachusetts General Hospital, seperti dikutip dari Women's Health.

 

Walaupun data dari American Society of Reporductive Medicine menyebutkan bahwa hanya ada 5-10 persen wanita yang mengalami unexplained fertility, para ahli mengatakan ada beberapa faktor yang mempengaruhi tingkat kesuburan wanita.

 

1. Merokok
Anda tentu sudah mengetahui efek buruk dari merokok. Selain banyak efek negatif, merokok juga menyebabkan telur berkurang dan sulit dibuahi. Jika seorang perokok hamil, kemungkinan mengalami keguguran juga lebih tinggi dari wanita yang tidak merokok. Rokok juga membuat ovarium menua lebih cepat, akibatnya perokok cenderung mengalami menopause 1-2 tahun lebih cepat dari seharusnya.

 

2. Berat Badan
Banyak penelitian yang menunjukan ada hubungan antara berat badan dengan kesuburan wanita. Oleh karena itu, banyak dokter yang menyarankan pasiennya untuk mencapai berat badan yang normal. Hal ini berlaku untuk wanita yang kelebihan berat badan dan yang terlalu kurus.

 

3. Timing
Walaupun berhubungan intim adalah cara untuk hamil, bukan berarti Anda akan cepat hamil jika melakukannya kapan pun Anda ingin. Waktu untuk telur bisa dibuahi saat berhubungan intim adalah 12-24 jam setelah telur matang. Sehingga waktu terbaik untuk bercinta adalah sebelum dan saat ovulasi, atau sekitar 2 minggu sebelum haid. Saat ini sudah ada alat untuk melihat kapan masa subur Anda, yang patut untuk dicoba.

 

4. Kondisi Khusus
Kesuburan akan terganggu jika Anda memiliki beberapa kondisi khusus, seperti endomtriosis atau polycystic ovarian syndrome (PCOS), karena kondisi tersebut mempengaruhi endokrin yang berefek pada produksi hormon.

 

Baca juga: 3 Risiko Hamil di Usia yang Matang

 

5. Usia
Mungkin Anda sudah mengetahui faktor yang 1 ini. Semakin tua usia seorang wanita, maka semakin sedikit pula telur yang dihasilkan setiap bulannya. Dengan berkembangnya dunia media, banyak wanita-wanita berusia matang yang tetap bisa memiliki anak. Namun, risiko bagi janin dan ibu juga bertambah besar. (Nadia/TW/Dok. M&B UK)

#kesuburan #pcos #kehamilan #fertilitas #wanita #usia
loading...
loading...





RELATED ARTICLE

6 Menu Peningkat Kesuburan

Benarkah KB Suntik Sebabkan Rahim Kering?

Tidur Kurang dari 6 Jam Turunkan Kesuburan Pria!




OTHER ARTICLES

Amankah Mewarnai Rambut saat Hamil?

Bayi Tidak Merangkak? Ini Penjelasan Dokter!

Waktu yang Tepat untuk Bayi Belajar Merangkak

Mengenalkan Uang Kepada Anak

Mother And Baby Fair Jakarta