Kehamilan & Persalinan - Panduan Ibu Baru / 17 Februari 2017 / Redaksi

9 Fase Menyusui yang Akan Anda Rindukan

9 Fase Menyusui yang Akan Anda Rindukan

Menyusui merupakan salah satu hal yang paling indah yang bisa dilakukan oleh seorang ibu. Selain banyaknya manfaat ASI, momen bonding yang terjadi saat Anda menyusui juga memberi banyak manfaat pada anak. Namun, menyusui juga memiliki tantangan, seperti ASI yang belum keluar, bayi yang sulit latch on atau perlekatan, dan masih banyak lagi. Berikut fase menyusui yang banyak dialami para ibu, seperti dikutip dari Workingmother.com.

 

1. Apa Saya Bisa Produksi ASI?

Hari-hari awal Si Kecil lahir adalah masa yang cukup menegangkan, karena ASI Anda biasanya belum lancar dan berat badan Si Kecil turun dari berat lahirnya. Si Kecil yang terus menangis membuat Anda bertanya-tanya, apakah ASI Anda cukup atau tidak. Pada masa ini, Anda belajar untuk mempercayai tubuh Anda sendiri. Yakinlah bahwa setiap ibu mampu menyediakan ASI yang cukup untuk anaknya.

 

2. Ini Payudara Siapa?

Awalnya hanya Anda dan suami yang memiliki akses pada payudara Anda. Saat mulai menyusui, akan ada banyak orang yang menyentuh bahkan memeras payudara. Mulai dari ibu, ibu mertua, sampai orang asing seperti bidan dan konselor laktasi. Tentu saja fase ini akan berakhir setelah Si Kecil mahir menyusu.

 

3. Mari Makan

Setelah Si Kecil mahir menyusu, Anda akan merasa terus lapar, terutama setelah sesi menyusui. Anda akan makan lebih dari 3-4 kali dalam sehari. Kabar baiknya, tubuh Anda tidak akan menjadi gemuk.

 

4. Abrakadabra!

Sekarang Anda seakak memiliki super power, yaitu ASI. Saat Si Kecil lapar, rewel, sedih, takut, bahkan sakit, Anda cukup membuka sedikit baju, lalu ia akan menyusu dan tenang.

 

5. Menyusui dan Serial

Sesi menyusui atau memompa terkadang memakan waktu lama lho, Moms. Beberapa bayi menyusu hingga 40 menit. Manfaatkan waktu tersebut untuk streaming video atau serial favorit.

 

6. Waspada Gigitan!

Saat mulai tumbuh gigi, beberapa anak akan merasa gatal lalu menggigit payudara Anda. Beberapa lagi tidak sengaja mengigit ketika tertidur.

 

7. Keindahan yang Cepat Berlalu

Jika sebelumnya Anda memiliki ukuran payudara yang standar, menyusui akan memperbesar ukurannya. Sayangnya, tidak akan ada waktu untuk menikmati keindahan tersebut bersama suami, karena Anda akan sibuk mengurus Si Kecil.

 

8. Date Night dan Engorgement

Ada saatnya Si Kecil bisa dititipkan pada kerabat selama beberapa jam atau bahkan sepanjang weekend, agar Anda dan suami bisa menikmati malam berdua. Tapi, payudara Anda akan segera penuh beberapa jam setelah berpisah dengan Si Kecil. Kencan dengan membawa pompa mungkin bisa menjadi pilihan?

 

9. Lho, Sudah Selesai?

Dengan banyaknya masalah yang dihadapi busui, mungkin Anda sempat ingin masa-masa itu cepat berlalu. Tapi, Anda akan kaget betapa cepatnya waktu menyusui selesai lho, Moms. Jadi, nikmatilah hari-hari Anda sebagai busui semaksimal mungkin. (Nadia/TW/Dok. M&B UK)

#menyusui #breastfeeding #ibu #anak #balita #ASI
loading...
loading...




RELATED ARTICLE

Info Lengkap Mengatasi Saluran ASI Tersumbat

3 Tips Ketika Ibu 'Kesundulan'

Dampak Memposting Foto Anak di Media Sosial


OTHER ARTICLES

Serunya Penyanyi Andien Terapkan BLW kepada Baby Kawa

Peralatan MPASI Praktis untuk Mudik

Berhati-hatilah Memilih ART Infal, Ini Tipsnya!

Usir Rasa Cemas, Hamil Anda pun Lancar!

Trik agar ART Kembali Bekerja Setelah Mudik