Keluarga - Mums Know Best / 17 Februari 2017 / Redaksi

Aktivitas Seru di Perjalanan Panjang

Aktivitas Seru di Perjalanan Panjang

 

Tanya

“Dalam rangka liburan akhir tahun, untuk pertama kalinya kami akan mengajak dua balita kami liburan ke rumah nenek. Masalahnya, tujuan kami itu sekitar 300 km jauhnya dan kami akan menempuhnya naik mobil. Kami takut dua anak kami bosan di perjalanan. Aktivitas seru apa saja ya yang bisa dilakukan di perjalanan panjang?”

Widya Kertokusumo, 32, ibu dari Rayhan, 4, dan Kaysan, 3.

 

Jawab

Tebak-tebakan

Biasanya kalau hendak melakukan perjalanan jauh, saya sudah menyiapkan berbagai macam permainan agar anak tidak bosan. Untuk anak saya yang besar, dia suka sekali bermain tebak-tebakan, terutama tebak lagu. Kami juga sering bermain tebak makanan, cara kami saling menyuapi beberapa macam makanan, lalu kami tebak makanan apa itu. Jadi jangan lupa beli banyak camilan sebelum berangkat, ya.

Maria Susana, 36, ibu dari Emmanuella, 6 tahun, dan Daniel, 6 bulan.

 

Buku Bacaan

Untuk anak saya, tidak ada yang lebih seru dari buku bacaan dan camilan favorit. Jadi, aktivitas seru agar anak tidak bosan di perjalanan panjang adalah menyediakan bacaan seru yang selalu dia sukai. Jadi bisa dia yang membaca, atau saya yang membacakan untuknya. Nah, kalau anak sudah mulai rewel dan bosan dengan buku cerita, maka ia bisa beralih ke mainan favoritnya.

Sonyanita Karina, 33, ibu dari Nashadilla, 4.

 

Dari Dongeng Hingga Origami

Saya punya banyak sekali ide aktivitas seru agar Si Kecil tidak bosan di perjalanan panjang. Mulai dari mendongeng yang mengasah imajinasi anak, menggambar di atas kaca (dengan uap), tebak gerak, tebak suara, tebak angka, tebak lagu, bermain boneka jari, hingga membuat origami dari kertas atau tisu. Aktivitas-aktivitas tersebut tidak hanya membuat anak tidak bosan, tetapi juga menstimulasi kecerdasannya karena semuanya sarat akan pengetahuan. Namun sesekali memutar film kesukaan anak atau bernyanyi bersama juga tidak masalah, Moms. Pokoknya harus serba seru deh!

Devi Fitriana, 21, ibu dari Keenan Rayyan Pratama, 4 bulan.

 

Banyak Permainan Seru!

Selain bekal minuman dan makanan ringan, games seru juga perlu disiapkan jika ingin melakukan perjalanan panjang dengan Si Kecil. Contohnya adalah bermain ABC Lima Dasar, yaitu mencari nama-nama binatang (atau kota, negara, buah) yang dimulai dari huruf tertentu. Permainan seru lainnya adalah cerita berantai, di mana orang pertama mengarang kalimat, dibisikkan ke orang kedua dan seterusnya, hingga orang terakhir akan menceritakannya dengan suara keras. Dijamin cerita akan berubah menjadi lucu. Selamat mencoba!

Yuta Dwi O., 29, ibu dari Athailah Daffa M., 14 bulan.

 

Selfie!

Sebelum berangkat, saya pastikan camilan dan mainan favorit anak sudah ada di kendaraan. Mainan itu misalnya boneka, puzzle, dan buku mewarnai lengkap dengan pensil warnanya. Nah, aktivitas serunya adalah bercerita tentang pemandangan yang kita lihat, sambil sesekali mendokumentasikannya dalam foto dan video. Jangan ragu menghentikan kendaraan untuk mengajak anak selfie dengan hal yang jarang kita temukan. Jadi, selfie ini sekalian istirahat sejenak agar anak tidak bosan, supir pun tidak ngantuk!

Winarni, 34, ibu dari Afra Khalisha, 2,5 tahun

(Tiffany/HH/Dok. M&B UK)

#travel #balita #batita #anak #aktivitas #seru #permainan #perjalanan




RELATED ARTICLE

Tips agar Anak Mau Minum Obat

Mengajarkan Anak Memaafkan

Mengajak Balita Tidur Siang


OTHER ARTICLES

Surga Belanja Mother&Baby Fair 2017: Pengunjung Penuh!

Tips Ajarkan Keterampilan Sosial pada Anak

M&B Fair 2017 Dibuka, Ini Daftar Acara dan Promonya!

5 Kombinasi MPASI Puree yang Sehat, Mudah Membuatnya!

Pilih Pengasuh atau Penitipan Anak, Mana yang Terbaik?