Nutrisi - Diet / 9 Januari 2017 / Redaksi

8 Cara Mudah Mengurangi 500 Kalori Per Hari

8 Cara Mudah Mengurangi 500 Kalori Per Hari

 

Tujuan berdiet adalah untuk mengurangi jumlah kalori yang masuk ke tubuh. Namun, tahukah Anda berapa banyak kalori yang harus Anda kurangi agar berat badan Anda turun? Untuk menurunkan setengah kilogram/minggu, Anda harus mengurangi 500 kalori yang masuk dalam tubuh tiap harinya. Berikut beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk mencapai target tersebut, seperti dikutip dari Health.com.

 

1. Jejakkan Kaki
Berjalan atau menjejakkan kaki dapat membakar 350 kalori lho, Moms.cobalah berjalan saat Anda sedang menelpon atau saat di dalam kantor.


2. Jangan Makan Di Depan TV
Sebuah riset dari University Massachusetts menunjukan bahwa orang makan 288 kalori lebih banyak ketika dilakukan sambil menonton televisi. Lebih baik Anda menikmati makan malam bersama keluarga di meja makan. Kemudian tutuaktivitas tersebut dengan berjalan kaki 1 jam. Tidak hanya mengurangi 288 kalori, Anda juga membakar 527 kalori.


3. Gunakan Piring Yang Lebih Kecil
Ganti ukuran piring Anda dengan ukuran yang lebih kecil. Anda akan mengonsumsi makanan 20–25 persen lebih sedikit, atau sekitar 500 kalori. Hebatnya, trik ini membuat Anda tetap merasa kenyang.


4. Hitung Kripik Kentang Anda
Siapa yang tidak suka menyantap sebungkus keripik kentang sambil menonton televisi? Tapi menyantapnya dari bungkus besar membuat Anda tidak akan berhenti sampai bungkus itu kosong. Jadi batasi konsumsi keripik hanya sampai 15 buah saja atau sekitar 140 kalori. Sebagai perbandingan, I bungkus snack dengan isi 255 gram mengandung 1.260 kalori.


5. Siapkan Di Dapur
Cara makan tradisional, dimana mangkuk lauk berada di meja makan, mengundang Anda untuk menambah makanan ketika piring sudah kosong. Hindari hal itu dengan menyiapkan piring dan lauk di dapur.


6. Mini Desserts
Anda tetap boleh mengonsumsi makanan manis di akhir makan malam kok, Moms. Tapi pastikan porsinya mini agar tidak banyak kalori yang masuk ke tubuh.


7. Ganti Smoothies Dengan Menu Lain
Smoothies memang sehat dan mudah dibuat untuk sarapan. Namun, 900 gram smoothies mengandung 800 kalori. Bayangkan berapa kalori yang masuk ke tubuh jika Anda sarapan ini dalam seminggu.


8. Tidak Lagi Minum Soda
Sebanyak 340 gram soda mengandung 150-180 kalori. Jika Anda mengonsumsi 2-3 kaleng dalam seminggu, banyak ekstra kalori yang masuk ke tubuh. Jika Anda minum air setiap kali haus, Anda mengurangi 540 kalori lho, Moms. (Nadia Sarasati/TW/Dok. Pixabay.com)

#diet #kalori #tips #sehat #tubuh #ramping #


RELATED ARTICLE

Resolusi Diet yang Sering Gagal & Solusinya (Bagian 2)

Resolusi Diet yang Sering Gagal & Solusinya (Bagian 1)

7 Makanan Penambah Stamina


OTHER ARTICLES

6 Menu Peningkat Kesuburan

AC 'Imut' untuk Si Kecil

Awasi Asupan Gula Si Kecil

Jangan Meniru Sikap Buruk, Nak!

Multivitamin Apa Saja yang Harus Dikonsumsi Ibu Hamil?