Kesehatan - Gaya Hidup Sehat / 4 Januari 2017 / Redaksi

Nasihat (yang Bisa Diabaikan) untuk Ibu Baru (Bagian 2)

Nasihat (yang Bisa Diabaikan) untuk Ibu Baru (Bagian 2)

 

Mengurus bayi yang baru lahir memang tidak mudah ya, Moms. Bantuan dan masukan dari keluarga dan teman, yang sebelumnya sudah memiliki anak tentu dapat membantu. Tapi jika terlalu banyak masukan dan intervensi, mungkin Anda justru menjadi tidak nyaman dan. Berikut beberapa masukan yang sering diberikan dan dapat Anda abaikan.

 

1. Tidak Ada Screen Time Sebelum Usia 2 Tahun
Membiarkan Si Kecil terus-terusan menonton tv memang tidak baik. Tapi ada waktu dan tempat yang tepat untuk membiarkannya menonton sebentar. Misalnya lewat aplikasi edukatif di ponsel atau momen bonding Anda dan anak ketika menonton kartun favoritnya.

 

2. Beli Semua Perlengkapan Sebelum Bayi Lahir
Dengan alasan Anda tidak akan punya waktu setelah Si Kecil lahir, banyak yang menyarankan untuk segera membeli seluruh perlengkapan bayi sebelumnya. Padahal, hanya sedikit barang yang Anda butuhkan di awal kehidupan Si Kecil. Anda juga bisa memanfaatkan barang bekas keluarga atau membeli barang bekas yang masih layak pakai.


3. Bayi Harus Dimandikan Setiap Hari
Walaupun rutinitas mandi baik untuk kenyamanan Si Kecil, Anda tidak perlu memaksakannya, terutama jika ia sedang tidur lelap. Sebagai alternatif, Anda dapat membasuhnya dengan air hangat agar ia bersih. Mandikan Si Kecil keesokan harinya.


4. Bayi Belajar Jalan Membutuhkan Sepatu
Jangan terburu-buru memakaikan sepatu ketika Si Kecil mulai berjalan. Kaki telanjang justru membantunya memantapkan pijakan. Jadi tunggu sampai ia sudah cukup lancar berjalan jika ingin membelikan sepatu dengan sol padat. Sampai saat itu tiba, ia dapat memakai prewalker shoes dengan alas yang lembut.


5. Bayi Tumbuh Gigi Menganggu Proses Menyusui
Jika Anda khawatir gigi Si Kecil akan menyakiti payudara Anda saat menyusui, Anda tidak perlu khawatir, Moms. Gigi mungil Si Kecil tidak akan menyakiti Anda jika ia latch-on dengan benar.

 

Pada akhirnya, Anda lah yang paling tahu nasehat mana yang tepat untuk Anda dan mana yang sebaiknya diabaikan. Ikuti insting Anda sebagai ibu dan Anda akan baik-baik saja. Nadia Sarasati/TW/Dok. M&B UK)

#ibu #orangtua_baru #tips #bayi
loading...
loading...




RELATED ARTICLE

Dukungan Bagi Ibu Hamil dan Menyusui

4 Tips Packing untuk Ibu

Menghabiskan Malam Tahun Baru Bersama Bayi


OTHER ARTICLES

Bank Indonesia Gelar Karya Kreatif Indonesia 2017

4 Cara Sederhana Ajarkan Makna Kemerdekaan pada Anak

Jadilah Indonesia yang lebih BAIK, Nak!

7 Penyakit Kulit yang Sering Menyerang Bayi dan Balita

Pentingnya Edukasi Finansial Sejak Dini