Bayi - Berita Tentang Bayi / 23 Desember 2016 / Redaksi

Waspadai Bercak Putih di Mulut Bayi

Waspadai Bercak Putih di Mulut Bayi

Moms, pernahkah menemukan bercak putih pada mulut bayi? Bercak putih pada bayi terdiri dari 2 macam yaitu:

 

Bercak karena jamur atau Candiasis oral
Bila menemukan bercak putih dalam mulut bayi yang sulit dibersihkan dengan lap, kemungkinan tersering adalah jamur atau candidiasis oral. Candida biasanya tidak berbahaya namun sering membuat bayi menjadi rewel karena mulutnya sakit dan menyebabkan diare. 

 

Bila ditemukan keadaan candida pada bayi, dr. Rouli Nababan SpA, dari KiddieCare Centre, Sunter, Jakarta menganjurkan agar segera membawa Si Kecil berobat ke dokter anak anda untuk diperiksa lebih lanjut. Untuk mengobati candida, berikan lactobacillus, bifidobacteria, atau sejenisnya untuk menghambat pertumbuhan candida.

 

Dokter akan meresepkan Nystatin. Sejenis obat antijamur dalam bentuk drops. Bisa dioleskan di lidah, kemudian ditelan oleh bayi. Nystatin sangat aman karena di dalam usus tidak diserap ke dalam tubuh. Selain itu sterilkan dot, empeng dan alat-alat makan bayi selama 20 menit dalam air mendidih, cuci mainan yang masuk ke dalam mulut dengan air dan sabun, obati ibu bila ditemukan jamur di kulit sekitar puting ibu yang masih memberikan ASI.

 

Bekas susu
Bila bercak keputihan ditemukan di pipi bagian dalam, bibir, gusi dan lidah berupa selaput tipis berwarna putih yang hanya menutup lidah, rata dan tidak bercak-bercak biasanya bukan jamur, tetapi bekas susu. (Meiskhe/TW/Dok. M&B UK)

#bayi #balita #bercak #bekas_susu #candiasis #jamur #sariawan




RELATED ARTICLE

Perhatikan Ini saat Anak Belajar Berjalan

Kembar, Disamakan atau Dibedakan?

Bayi Disiksa Staf Daycare Hingga Tengkoraknya Retak


OTHER ARTICLES

4 Khasiat Minyak Almond Untuk Kecantikan dan Kesehatan

5 Cara Menjaga Kebutuhan Nutrisi Anak Agar Tetap Sehat

Hati-hati, Kalori Berlebih dapat Sebabkan Obesitas

5 Pilihan Playground di Jakarta dan Sekitarnya

Ingin Produksi ASI Melimpah? Komsumsi 5 Makanan Ini