Kehamilan & Persalinan - Kesuburan / 20 Desember 2016 / Redaksi

5 Solusi Pereda Stres saat Berusaha Hamil

5 Solusi Pereda Stres saat Berusaha Hamil

Ketika Anda dan suami memutuskan untuk siap memiliki anak, tiba-tiba saja Anda seakan berada dalam kompetisi untuk bisa hamil secepat mungkin. Sayangnya tidak semua pasangan bisa hamil dalam jangka waktu yang singkat. Proses untuk bisa hamil kadang membutuhkan waktu yang cukup lama dan membuat beberapa calon ibu stres. Padahal stres tidak baik bagi Anda yang sedang berusaha hamil. Untuk itu, mari simak beberapa tips untuk mengatasi stres saat proses trying to conceive (TTC).

 

1. Curhat
Banyak dari wanita yang enggan menceritakan perjuangannya untuk hamil dan merasa terganggu jika ditanya. Tapi penting bagi Anda untuk memiliki teman agar bisa mengeluarkan keluh kesah, selain kepada suami. Seorang sahabat yang peduli dan menyayangi Anda dapat membantu memberi semangat saat Anda sedang sedih.

 

2. Mencoba Teknik Relaksasi
Ini bisa berupa teknik apa saja, seperti mendengarkan CD hipnotis sebelum tidur, teknik tarik napas dalam-dalam, atau bahkan pijatan lembut yang menenangkan.

 

3. Lebih Egois
Tidak ada salahnya jika Anda memberikan waktu pada diri sendiri untuk bersenang-senang atau menenangkan diri. Ini berarti menolak beberapa permintaan teman atau rekan kerja, ketika Anda memang merasa tidak semangat. Katakan tidak dan Anda akan merasa lebih baik karena memiliki waktu lebih untuk melakukan hal-hal yang Anda sukai.

 

4. Tidur Teratur
Anda membutuhkan waktu tidur yang cukup untuk tetap sehat dan memiliki cukup energi, terutama karena stres akan menguras energi Anda. Dengan membersihkan kamar tidur, Anda akan merasa ada di oase ketenangan. Jadi buat kamar tidur Anda menjadi kamar yang indah dah harum. Lupakan sejenak gadget dan isinya. Habiskan waktu untuk berendam air hangat, minum susu hangat, lalu bersitirahat.

 

5. Rawat Tubuh
Saat stres, Anda akan tergoda untuk mengonsumsi makanan yang cenderung tidak sehat, atau minum kopi. Tapi hal itu tidak akan membuat Anda merasa lebih baik. Sebaliknya, Anda akan merasa kurang energi dan sulit berpikir positif. Lebih baik Anda terus mengonsumsi vitamin pre-natal, juga makanan yang kaya akan zat besi dan vitamin D. Tubuh Anda akan mengalami hal yang penting, jadi persiapkan dengan banyak berolahraga. Berjalan kaki selama setengah jam dengan udara segar akan meningkatkan hormon yang membuat Anda merasa lebih baik. (Nadia Sarasati/TW/Dok. M&B UK)

#hamil #stres #tips #conceives,
loading...
loading...




RELATED ARTICLE

Ini Waktu Tepat Hamil Lagi Setelah Keguguran

Cara Akurat Ketahui Masa Subur

Pentingnya Periksa Gigi sebelum Hamil


OTHER ARTICLES

Serunya Penyanyi Andien Terapkan BLW kepada Baby Kawa

Peralatan MPASI Praktis untuk Mudik

Berhati-hatilah Memilih ART Infal, Ini Tipsnya!

Usir Rasa Cemas, Hamil Anda pun Lancar!

Trik agar ART Kembali Bekerja Setelah Mudik