Kehamilan & Persalinan - Persalinan / 23 November 2016 / Redaksi

Melahirkan di Atas 25 Buat Wanita Lebih Panjang Umur

Melahirkan di Atas 25 Buat Wanita Lebih Panjang Umur

Sebuah penelitian mengungkap fakta bahwa wanita yang melahirkan anak pertama saat usianya sudah lebih dari 25, maka ia 11 persen lebih berkesempatan hidup hingga usia 90an. Sedangkan yang melahirkan anak pertama setelah 30 tahun, maka 10 persen lebih berkesempatan hidup hingga usia itu.

 

Dilansir dari Dailymail.co.uk, kebanyakan wanita di Inggris kini cenderung memprioritaskan karier. Sehingga mereka menunda pernikahan, dan melahirkan di usia 5 tahun lebih tua dibanding wanita Inggris 40 tahun lalu.

 

Di tahun 2014, rata-rata usia wanita Inggris dan Wales saat melahirkan anak pertamanya adalah 28.6. Sedangkan di tahun 1970, usianya adalah 23.5 tahun. Peningkatan angka yang mencengangkan juga hadir dari jumlah wanita yang melahirkan di atas usia 40 tahun.

 

Menurut penelitian itu, angkanya terus meningkat selama 3 dekade terakhir. Di tahun 1984, hanya 4.9 dari 1.000 wanita yang melahirkan di atas usia 40, namun pada 2014, angka itu meningkat jadi 14.7 dari 1.000 wanita.

 

Untuk itu dokter-dokter di sana semakin giat memberikan edukasi tentang risiko melahirkan di usia tua. Tidak hanya angka kesuburan yang semakin rendah, namun juga meningkatnya angka komplikasi dan masalah persalinan.

 

Namun sebuah penelitian di Amerika memiliki hasil yang cukup berbeda dengan penelitian di Inggris tersebut. Menurut para peneliti dari University of California San Diego, ada beberapa manfaat dari late-motherhood atau melahirkan anak pertama di usia yang 'tidak muda' lagi. Sedangkan maksud dari 'tidak muda' di sini adalah usia 25 tahun ke atas.

 

Setelah meneliti lebih dari 20.000 wanita Amerika, “Wanita yang baru punya anak di usia antara 25 dan 29 tahun memiliki kesempatan 11 persen lebih besar untuk hidup hingga usia 90an, dibanding mereka yang melahirkan anak pertama sebelum usia 25,” ujar Dr. Aladdin Shadyab, yang menerbitkan penelitian ini di American Journal of Public Health.

 

Para peneliti itu menemukan fakta bahwa kehamilan memberikan efek perlindungan bagi kesehatan tubuh. Wanita yang pernah hamil 2 hingga 4 kali juga memiliki kesempatan lebih besar untuk hidup hingga hari tua, dibanding mereka yang baru 1 kali hamil. Mereka bisa hidup setidaknya hingga 9 dekade! (Tiffany/Dok. M&B UK)

#bersalin #melahirkan #usia #wanita #kandungan #umur #




RELATED ARTICLE

Bayi Perempuan Lebih Mudah Dilahirkan

Bayi Ini Lahir Masih Terbungkus Kantung Ketuban!

Dikira Batu Ginjal, Wanita Ini Ternyata Hamil 38 Minggu


OTHER ARTICLES

Surga Belanja Mother&Baby Fair 2017: Pengunjung Penuh!

Tips Ajarkan Keterampilan Sosial pada Anak

M&B Fair 2017 Dibuka, Ini Daftar Acara dan Promonya!

5 Kombinasi MPASI Puree yang Sehat, Mudah Membuatnya!

Pilih Pengasuh atau Penitipan Anak, Mana yang Terbaik?