Bayi - Perawatan Bayi / 4 Oktober 2016 / Redaksi

Si Kecil Mandi di Malam Hari?

Si Kecil Mandi di Malam Hari?


Banyak orang mempercayai bahwa mandi di malam hari hanya akan membuat seseorang mengalami rematik. Apakah hal ini juga berlaku jika Si Kecil mandi di malam hari? Ternyata tidak lho, Moms. Saat Si Kecil sudah memasuki umur 3 bulan, Anda sudah dapat mengenalkannya pada rutinitas mandi di malam hari atau menjelang tidur. Namun pastikan Si Kecil mandi memakai air hangat bersuhu 38 derajat celcius ya, Moms. Sebaiknya Si Kecil dimandikan antara pukul 18.30-20.30, atau sesaat sebelum tidur.

 

Apa saja sih Moms manfaat memandikan Si Kecil di malam hari? Beberapa manfaatnya adalah:

1. Efek rileks dan menenangkan

Banyak orang yang mempercayai, mandi atau berendam menggunakan air hangat pada malam hari akan membuat seseorang menjadi lebih tenang. Selain itu, dapat menimbulkan efek nyaman, sehingga istirahat malam menjadi lebih tenang.

 

2. Menciptakan rutinitas

Membiasakan anak mandi di malam hari mengajarkan ia untuk tahu rutinitas sehari-hari yang harus dilakukan. Setelah Si Kecil mandi malam, hal yang harus ia lakukan adalah tidur. Namun, sebenarnya Anda tidak perlu memandikan bayi setiap hari agar kulit kulit bayi yang sensitif itu tidak kering. Anda bisa memandikannya 2-3 kali saja seminggu, namun jangan lupa selalu jaga kebersihan area wajah, leher, tangan, dan area popok ya.


3. Quality time bersama orang tua

Bagi orang tua yang mendapat 'jadwal' untuk memandikan Si Kecil, akan membuat Anda dan Suami memiliki waktu khusus untuk mengajak anak mengobrol dan memiliki quality time khusus bersama Si Kecil.


Jadi Moms, tidak ada salahnya kok memandikan Si Kecil di malam hari. Asalkan Moms memerhatikan suhu dan durasi mandi Si Kecil, ya. (Adonia Putri/TW/Dok.Mother&Baby UK)

#bayi #mandi #info #tips




RELATED ARTICLE

Cegah Ruam Popok

Tahapan Bermain pada Anak

4 Kesalahan Orang Tua Saat Menjaga Anak


OTHER ARTICLES

Apa Saja Kemampuan Bayi pada Setahun Pertama?

Cara Belajar Matematika yang Mudah dan Menyenangkan

Ibu Hamil Naik Kereta Api Wajib Bawa Surat Dokter

Wajah Baru Asia Restaurant di Ritz Carlton Jakarta

Kasir Supermarket Bantu Ibu ini Gendong Bayi