Bayi - Perawatan Bayi / 18 Juli 2015 / Redaksi

Bolehkah Bayi Mandi Air Dingin?

Bolehkah Bayi Mandi Air Dingin?

Anda mungkin bertanya-tanya, kapan ya Si Bayi boleh mandi air dingin? Ternyata, membiasakan bayi mandi air dingin sangat baik bagi kesehatan. Mandi air dingin dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh. Penelitian menyatakan, mandi air dingin akan meningkatkan jumlah sel darah putih bila dibandingkan dengan mandi air hangat. Dengan meningkatnya jumlah sel darah putih, tubuh akan lebih mampu melawan kuman penyakit. Mandi air dingin juga akan meningkatkan metabolisme tubuh untuk meningkatkan produksi panas tubuh yang hilang saat mandi. Air dingin dapat ‘memaksa’ tubuh untuk mengeluarkan energi lebih besar untuk menghangatkan badan.


Namun, sebelum Anda memutuskan untuk memandikan bayi dengan air dingin ketahui terlebih dahulu apa saja syaratnya.
1. Anda tidak tinggal di daerah yang dingin atau tidak sedang musim dingin.
2. Pastikan Si Kecil dalam kondisi sehat.
3. Anda tidak disarankan untuk memandikan newborn dengan air dingin, karena kulitnya masih tipis dan pengaturan suhu tubuhnya belum stabil.
4. Jika terlahir cukup bulan, penelitian menyebutkan Si Kecil sudah bisa dimandikan dengan air dingin di usia 2 bulan. Namun berbeda jika ia dilahirkan prematur. Selain kulit bayi lahir prematur lebih tipis dan butuh waktu lama untuk bisa beradaptasi dengan lingkungan sekitar, bayi prematur dikhawatirkan akan mengalami hipotermia (kedinginan) yang bisa membahayakannya. (M&B/ Dok. M&B UK)

#mandi #newborn #air dingin
loading...
loading...




RELATED ARTICLE

Apa Sebenarnya Bau Bayi Itu?

Siap Bepergian Bersama Newborn

Tes Kesehatan Awal Pada Bayi


OTHER ARTICLES

Bank Indonesia Gelar Karya Kreatif Indonesia 2017

4 Cara Sederhana Ajarkan Makna Kemerdekaan pada Anak

Jadilah Indonesia yang lebih BAIK, Nak!

7 Penyakit Kulit yang Sering Menyerang Bayi dan Balita

Pentingnya Edukasi Finansial Sejak Dini