Bayi - Perawatan Bayi / 22 Juli 2015 / Redaksi

Nyamannya Spa Bayi di Rumah

Nyamannya Spa Bayi di Rumah

Ada banyak cara untuk meningkatkan bonding Anda dengan Si Kecil, salah satunya dengan melakukan spa bayi. Spa tidak hanya untuk orang dewasa, bayi pun akan merasa senang bila mendapatkan perawatan ini, apalagi jika Anda sendiri yang menjadi terapisnya.

 

Aktivitas dalam spa bayi terdiri dari merendam dan memijat bayi. Namun, gerakan pijat bayi yang dilakukan dalam spa bayi tidak sebanyak pijat bayi biasa, karena yang diutamakan adalah kenyamanan dan keintiman yang terjalin saat ibu dan bayi melakukan spa.

 

Sebelum spa, siapkan bak mandi bayi, handuk, minyak pijat dan minyak esensial (untuk berendam), serta matras. Agar si kecil lebih rileks, Anda juga bisa memutar lagu lembut. Berikut panduan dari praktisi aromaterapi dan instruktur pijat bayi, Rina Poerwadi, APDHA, CIMI,PMC (IMIS) :

 

Langkah 1
Isi bak mandi bayi dengan air hangat, lalu teteskan minyak esensial roman chamomile yang telah dicampur jojoba oil (minyak ini bisa Anda dapatkan di supermarket-supermarket besar) secukupnya. Rendam si kecil (bukan memandikannya) di dalam baknya selama lima menit. Saat Si Kecil berendam, lakukan kontak mata dan ajak ia mengobrol. Elus tubuhnya mulai dari kepala, tangan, sampai kaki. Setelah selesai, angkat bayi Anda dan taruhlah ia di atas handuk.

 

Langkah 2
Keringkan bayi Anda, lalu taruhlah ia di atas matras untuk memulai aktivitas kedua yaitu pijat. Sebelum memulai, mintalah izin pada Si Kecil sambil menggosokkan kedua telapak tangan Anda di atas wajahnya dengan jarak 30 cm. Perhatikan reaksinya. Jika Si Kecil melakukan kontak mata dan tersenyum, berarti ia setuju untuk  Anda pijat. Namun jika ia menangis atau membalikkan badan, atau bahkan tidak melakukan kontak mata dengan Anda, berarti ia tidak mau dipijat.

 

Langkah 3
Pijat tubuh bayi Anda secara perlahan mulai dari kaki, dari pangkal paha sampai daerah pergelangannya sebanyak lima kali. Lakukan ini pada kedua kaki.

 

Langkah 4
Lalu lanjutkan ke bagian bokong Si Kecil dengan gerakan memutar sebanyak lima kali.

 

Langkah 5
Setelah itu pindahlah ke perut dengan gerakan scooping, dari pusar ke bagian bawah perut di atas tulang kemaluan. Lakukan sebanyak lima kali.

 

Langkah 6
Setelah perut, pindahlah ke bagian dada. Lalu tengkurapkan bayi Anda, dan lanjutkan lagi ke bagian punggung. Pijat lembut punggungnya dengan gerakan scooping dari pangkal leher ke bagian pantat sebanyak lima kali, dan teruskan dengan gerakan memutar kecil di samping kanan dan kiri tulang belakang.

 

Langkah 7
Pijat selesai, yang juga mengakhiri acara spa untuk bayi Anda. Gendonglah Si Kecil sambil melakukan gerakan rocking. Lalu peluk ia dengan erat untuk mengirimkan vibrasi rasa damai, nyaman, dan aman ke tubuhnya. (SDS/Sagar/DT/Dok. M&B)

#bayi #anak #pijat #spa_bayi




RELATED ARTICLE

Bayi pun Bisa Stres

Membersihkan Bayi Baru Lahir

Membersihkan Mainan Bayi


OTHER ARTICLES

Surga Belanja Mother&Baby Fair 2017: Pengunjung Penuh!

Tips Ajarkan Keterampilan Sosial pada Anak

M&B Fair 2017 Dibuka, Ini Daftar Acara dan Promonya!

5 Kombinasi MPASI Puree yang Sehat, Mudah Membuatnya!

Pilih Pengasuh atau Penitipan Anak, Mana yang Terbaik?