Kehamilan & Persalinan - Kehamilan / 27 Maret 2013 / Redaksi

Mengenal Fase Kehamilan

Mengenal Fase Kehamilan

 

Ada banyak fase kehamilan yang dilalui oleh bumil. Oleh sebab itu, ada baiknya bila Anda mengetahui tentang apa yang terjadi pada tubuh Anda, tentu untuk menjaga kesehatan tubuh dan janin dengan baik. Beberapa fase pada kehamilan, yaitu:

1. Kandungan usia 0-4 minggu

Pada fase ini janin hanya berukuran 2 mm, dan bakal otak mulai muncul. Selain merasa mual, Anda mungkin juga akan mulai sering merasa lapar. Beberapa bumil pun mengalami perubahan hormon. Hindari rokok dan kafein!

2. Kandungan usia 4-8 minggu

Pada fase ini (sekitar 6 minggu) jantung janin mulai berdetak. Organ tubuh seperti tangan, kaki, tubuh, dan kepala mulai terbentuk. Payudara dan pinggul Anda akan terlihat lebih besar, dan nafsu makan mengingkat. Kurangi konsumsi lemak, dan perbanyak konsumsi makanan tinggi protein terutama protein nabati. Namun, Anda perlu tetap menjaga berat badan.

3. Kandungan usia 8-12 minggu

Pada fase ini seluruh organ tubuh sudah mulai terbentuk, termasuk mata, hidung, dan dagu. Bumil akan sering buang air kecil. Meskipun begitu, Anda tetap harus perbanyak minum air putih. Bumil juga harus memperbanyak asupan omega-3 dan asam folat. Periksa kandungan Anda sesuai dengan anjuran dokter.

4. Kandungan usia 12-16 minggu

Pada fase ini jantung dan paru-paru janin sudah mulai berdetak jika didengarkan dengan alat bantu USG. Ibu disarankan untuk melakukan pemeriksaan USG pada fase ini. Jaga kesehatan rongga mulut Anda, karena dapat menyebabkan kelahiran prematur dan bayi dengan Berat Badan Lahir Rendah (BBLR).

5. Kandungan usia 16-20 minggu

Pada fase ini, rambut halus mulai tumbuh di tubuh calon bayi Anda. Ia juga mulai dapat merespon suara ibunya, dan dapat mulai bergerak teratur.

6. Kandungan usia 20-24 minggu

Calon bayi sudah mulai membuka kelopak matanya. Selain rambutnya yang mulai tumbuh, lemak di tubuhnya juga mulai terbentuk.

7. Kandungan usia 24-28 minggu

Detak jantungnya mulai berdetak cepat, dan ia juga sudah mulai mengenal suara Anda.

8. Kandungan usia 28-32 minggu

Matanya sudah mulai merespon cahaya, dan kepalanya mulai mengarah ke bawah. Pada usia 36 minggu, posisi kepala sudah berada di daerah panggul. Ia juga sudah mulai berlatih menghisap, menelan, dan bernafas.(Aulia/doc.freedigitalphotos)

#Birth & Pregnancies #Pregnancy Calendar
loading...
loading...





OTHER ARTICLES

Trik Cerdas Memberi Makanan Padat pada Bayi Agar Lahap

4 Tips agar Gairah Seks Kembali Menyenangkan

6 Trik Memperlancar Kontraksi Menjelang Melahirkan

Ajak Si Kecil Bermain Sambil Belajar, Yuk!

Bank Indonesia Gelar Karya Kreatif Indonesia 2017